Polisi Beri Penyuluhan Anak-anak Sekolah, Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Pemalang

Polisi Beri Penyuluhan Anak-anak Sekolah, Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Pemalang

Bagikan

Polres Pemalang – Polda Jateng, Tidak hanya kepada kalangan orang dewasa, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Pemalang juga rutin memberikan penyuluhan untuk menangkal bahaya paham radikalisme dan terorisme di kalangan remaja dan anak-anak dari sekolah ke sekolah, Senin (22/5/2023).

Dalam kegiatan penyuluhan yang diikuti 100 pelajar di SMK Al-Khoiriyah Pemalang, Rabu (24/5/2023), Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, Satbinmas memberikan materi mengenai pendidikan moral, pancasila, kebangsaan dan nasionalisme.

“Tujuannya, agar para pelajar memahami bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa, namun harus tetap menjaga kerukunan satu sama lain,” kata Kapolres.

Baca Juga :   Patroli Dan Himbauan Protokol Kesehatan

Kapolres Pemalang mengatakan, pencegahan bahaya paham radikalisme dan terorisme dilakukan sejak dini, karena anak muda sejatinya adalah generasi penerus dalam menjaga keutuhan dalam berbangsa dan bernegara.

“Anak-anak dan remaja adalah kelompok yang rentan terpapar paham radikalisme dan terorisme, dimana pemikiran mereka masih labil,” kata Kapolres Pemalang.

“Oleh karena itu para pelajar didorong untuk memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, serta diajak untuk menanamkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar ideologi negara,” kata Kapolres Pemalang.

Kapolres Pemalang mengatakan, satbinmas juga memberikan bekal kepada para pelajar agar mampu memfilter segala bentuk informasi yang tersedia di internet, serta menyikapinya dengan pemikiran yang terbuka dan toleran.

“Sehingga para pelajar tidak mudah terprovokasi oleh hasutan yang dapat merusak jiwa nasionalisme, serta dapat menghargai segala bentuk perbedaan untuk menjaga persatuan bangsa,” kata Kapolres Pemalang.

Baca Juga :   Polsek Pulosari Kawal Pendistribusian Logistik Pilkada 2020

Kapolres Pemalang mengatakan, kegiatan penyuluhan dilakukan oleh Satbinmas dua kali dalam sepekan.

“Bhabinkamtibmas bersama Polisi RW juga melaksanakan kegiatan tersebut di desa binaannya masing-masing, baik di lingkungan masyarakat, maupun di sekolah-sekolah dan pondok pesantren,” kata Kapolres Pemalang.

Humas Polres Pemalang

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *